Sabtu, 24 November 2012

AMDAL


LANDASAN HUKUM PELAKSANAAN AMDAL
    A. LANDASAN UMUM :

  1. UU NO. 32 TH 2009  TTG  PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN   L H,  PASAL 22 AYAT (1)
  2. PP NO. 27 TH 2012 TTG IZIN LINGKUNGAN
  3. PERMEN  LH  NO. 08 TH 2006 TTG  PEDOMAN PENYUSUNAN AMDAL
  4. PERMEN LH NO. 11 TH 2006  TTG JENIS RENCANA USAHA DAN/ATAU KEGIATAN YG  WAJIB DILENGKAPI DGN AMDAL
  5. PERMEN  LH  NO. 05 TH 2008 TTG  TATA KERJA KOMISI PENILAI AMDAL
  6. PERMEN  LH NO. 13 TH 2010  TTG UPAYA PENGELOLAAN  LH DAN UPAYA PEMANTAUAN LH  DAN SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN PENGELOLAAN DAN PEMANTAUAN  LH
  7. KEPKA BAPEDAL NO. 08 TH 2000 TTG KETERBUKAAN INFORMASI DAN KETERLIBATAN MASYARAKAT DALAM PROSES AMDAL
  8. KEPMEN LH NO. 05  TH 2008  TTG TATA KERJA KOMISI PENILAI AMDAL
  9. KEPGUB JATENG  NO. 25 TH 2000 TTG KETERLIBATAN MASYARAKAT DAN KETERBUKAAN INFORMASI DALAM PROSES AMDAL

B. LANDASAN OPERASIONAL PENYUSUNAN / PENILAIAN AMDAL :
1.            PERATURAN MENTERI NEGARA LH  NO. 8 TH 2006 TTG PEDOMAN PENYUSUNAN AMDAL
LAMPIRAN          I               PEDOMAN PENYUSUNAN KA ANDAL
LAMPIRAN          II             PANDUAN PENYUSUNAN ANDAL
LAMPIRAN          III            PEDOMAN PENYUSUNAN RKL
LAMPIRAN          IV            PEDOMAN PENYUSUNAN RPL
LAMPIRAN          V             PENYUSUNAN RINGKASAN EKSEKUTIF
2.            PERMEN  LH  NO.  24 TH 2009 TTG PANDUAN PENILAIAN AMDAL
3.            KEPKA BAPEDAL NO. 056 TH 1994  TTG PEDOMAN MENGENAI UKURAN DAMPAK PENTING
4.            KEPKA BAPEDAL NO. 299/BAPEDAL/II/96 TTG PEDOMAN TEKNIS KAJIAN ASPEK SOSIAL DLM AMDAL
5.            KEPKA BAPEDAL NO. KEP-124/12/1997 TTG PANDUAN KAJIAN ASPEK KESEHATAN MASYARAKAT DALAM AMDAL
6.            PERMEN  LH NO. 07  TH 2010  TTG SERTIFIKASI KOMPETENSI PENYUSUN DOKUMEN AMDAL DAN PERSYARATAN LEMBAGA PELATIHAN  KOMPTENSI PENYUSUN DOKUMEN AMDAL
7.            PERMEN  LH NO. 15  TH 2010  TTG PERSYARATAN DAN TATA CARA LISENSI KOMISI PENILAI AMDAL
8.            KEPMEN LH NO. 45 TH 2005 TTG PEDOMAN PENYUSUNAN LAPORAN PELAKSANAAN RENCANA  PENGEL. LINGK. HIDUP DAN RENCANA PEMANTAUAN LINGK. HIDUP .

PENGERTIAN UMUM ISTILAH-ISTILAH
  1. ANALISIS MENGENAI DAMPAK LINGKUNGAN HIDUP (AMDAL)
                ADALAH KAJIAN MENGENAI DAMPAK  PENTING  SUATU  USAHA  DAN/ATAU KEGIATAN YG  DIRENCANAKAN PADA  LINGK. HIDUP YG DIPERLUKAN  BAGI PROSES  PENGAMBILAN  KEPUTUSAN  TTG  PENYELENGGARAAN USAHA DAN/ATAU KEGIATAN.
2.  KERANGKA ACUAN
                ADALAH RUANG LINGKUP KAJIAN  ANALISIS MENGENAI DAMPAK LINGKUNGAN HIDUP (AMDAL) YG MERUPAKAN HASIL PELINGKUPAN YG DISEPAKATI OLEH PEMRAKARSA / PENYUSUN AMDAL DAN KOMISI PENILAI AMDAL
3.            ANALISIS DAMPAK LINGKUNGAN (ANDAL)
                ADALAH TELAAHAN SECARA CERMAT DAN MENDALAM TENTANG DAMPAK  PENTING SUATU RENCANA  USAHA DAN/ATAU KEGIATAN
4.            PENAPISAN (SCREENING)
                ADALAH  PROSES UNTUK MENGHASILKAN SESUATU SBG BAHAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN
5.            PELINGKUPAN (SCOPING) ATAU PEMUSATAN PANDANGAN
                ADALAH PROSES UTK MENEMUKAN ATAU MENETAPKAN DAMPAK  PENTING  ATAU SERING DISEBUT MASALAH UTAMA (MAIN ISSUE)  DARI  SUATU  USAHA DAN/ATAU KEGIATAN THD LINGK HIDUP
6.            RENCANA PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP ( RKL )
        ADALAH UPAYA PENANGANAN DAMPAK  PENTING THD LINGK HIDUP  YG DITIMBULKAN AKIBAT DARI  RENCANA  USAHA DAN/ATAU KEGIATAN
7.  RENCANA PEMANTAUAN LINGKUNGAN HIDUP ( RPL )
                                ADALAH UPAYA PEMANTAUAN KOMPONEN LINGK  HIDUP YG TERKENA DAMPAK PENTING AKIBAT DARI RENCANA USAHA DAN/ATAU KEGIATAN.
8.  DAMPAK (IMPACT)  PENTING 
                                ADALAH PERUBAHAN LINGK HIDUP YG SANGAT MENDASAR  YG  DIAKIBATKAN OLEH SUATU USAHA DAN/ATAU  KEGIATAN
9.  PEMRAKARSA
                                ADALAH ORANG ATAU BADAN HUKUM YG BERTANGGUNGJAWAB ATAS  SUATU RENCANA USAHA DAN/ATAU  KEGIATAN  YG AKAN DILAKSANAKAN.
10.          KOMISI PENILAI
                                ADALAH KOMISI  YG BERTUGAS  MENILAI  DOKUMEN AMDAL DGN PENGERTIAN DI TINGKAT PUSAT  OLEH  KOMISI PENILAI PUSAT DAN DI TINGKAT DAERAH OLEH  KOMISI PENILAI DAERAH
11.UPAYA PENGELOLAAN LINGK HIDUP (UKL) DAN UPAYA PEMANTAUAN LINGK HIDUP (UPL)
                                ADALAH PENGELOLAAN DAN PEMANTAUAN THD  USAHA DAN/ATAU KEGIATAN YG TDK BERDAMPAK PENTING  THD LINGK HIDUP YG DIPERLUKAN BAGI PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN TTG PENYELENGGARAAN USAHA DAN/ATAU KEGIATAN
12.SURAT PERNYATAAN  KESANGGUPAN PENGELOLAAN DAN PEMANTAUAN LINGK HIDUP (SPPL)
                ADALAH PERNYATAAN KESANGGUPAN  DARI PENANGGUNGJAWAB USAHA DAN/ATAU KEGIATAN UTK MELAKUKAN PENGELOLAAN DAN PEMANTAUN LINGK HIDUP ATAS DAMPAK LINGK HIDUP DARI USAHA DAN/ATAU KEGIATANNYA DI LUAR USAHA DAN/ATAU KEGIATAN YG WAJIB AMDAL ATAU UKL – UPL

KETERKAITAN   AMDAL  DALAM   PROSES   PEMBANGUNAN
  1. MANUSIA DLM MEMENUHI KEBUTUHAN HIDUP DAN KESEJAHTERAANNYA TELAH MELAKUKAN BERBAGAI AKTIFITAS (DR YG SEDERHANA SAMPAI YANG CANGGIH) DENGAN SEDIKIT MENGUBAH SUMBERDAYA  ALAM SAMPAI YG MENIMBULKAN PERUBAHAN BESAR
  2. PERUBAHAN PADA LINGKUNGAN HIDUP OLEH AKTIFITAS MANUSIA (DLM ARTI LUAS AKTIFITAS TERSEBUT DISAMAKAN DENGAN PEMBANGUNAN) AWALNYA MASIH DLM KEMAMPUAN ALAM UTK MEMULIHKAN DIRI SCR ALAMIAH,  NAMUN MAKIN LAMA  MENIMBULKAN DAMPAK PENTING YG MENGAKIBATKAN PERUBAHAN MENDASAR DAN TDK SCR CEPAT DIPULIHKAN OLEH ALAM
  3. PERUBAHAN LINGKUNGAN HIDUP YG MENDASAR MENIMBULKAN KERUGIAN BAGI MANUSIA DLM MEMENUHI KEBUTUHAN HIDUP, KESEJAHTERAAN DAN KESELAMATANNYA.
  4. MANUSIA MULAI BERPIKIR DAN MENINJAU KEMBALI SEMUA KEGIATANNYA  DAN BERUPAYA MENGHINDARI KEGIATAN YG BERDAMPAK MERUGIKAN,  ANTARA LAIN  DGN MENERAPKAN  KAJIAN LINGKUNGAN HIDUP
  5. KONSEP AMDAL MEMPELAJARI TDK HANYA DAMPAK PEMBANGUNAN TERHADAP LINGKUNGAN  HIDUP TETAPI JUGA DAMPAK LINGKUNGAN THD PEMBANGUNAN

MANFAAT AMDAL
  1. MANFAAT AMDAL BAGI PEMERINTAH
SBG ALAT PENGAMBIL KEPUTUSAN TTG KELAYAKAN LINGK. HIDUP DARI SUATU RENCANA USAHA DAN/ATAU KEGIATAN.
MERUPAKAN BAHAN MASUKAN DLM PERENCANAAN PEMBANGUNAN WILAYAH.
UTK MENCEGAH AGAR POTENSI SUMBERDAYA ALAM DI SEKITAR LOKASI USAHA DAN/ATAU KEGIATAN TDK RUSAK DAN UTK MENJAGA KELESTARIAN LINGK HIDUP
B.            MANFAAT AMDAL BAGI PEMRAKARSA
  1. UTK MENGETAHUI MASALAH-MASALAH LINGK. HIDUP YG AKAN DIHADAPI PD MASA YG AKAN DATANG.
  2. SBG BAHAN UTK ANALISIS PENGELOLAAN DAN SASARAN KEGIATAN
  3. SBG PEDOMAN DLM PELAKSANAAN PENGELOLAAN DAN PEMANTAUAN LINGK HIDUP
C.            MANFAAT AMDAL BAGI MASYARAKAT
  1. DPT MENGETAHUI RENCANA PEMBANGUNAN DI DAERAHNYA SHG DPT MEMPERSIAPKAN DIRI UTK BERPARTISIPASI.
  2. MENGETAHUI PERUBAHAN LINGK.  HIDUP YG AKAN TERJADI DAN MANFAAT SERTA KERUGIAN AKIBAT ADANYA SUATU USAHA DAN/ATAU KEGIATAN.
  3. MENGETAHUI HAK DAN KEWAJIBANNYA  DI DLM HUBUNGANNYA DGN USAHA DAN/ATAU KEGIATAN DI DLM MENJAGA DAN MENGELOLA KUALITAS LINGK. HIDUP








Artikel Terkait



Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More